BPBD Kukar Tetapkan Status Siaga Banjir

Banjir besar beberapa tahun lalu juga merendam Koramil Muara Kaman
Foto: Dokumentasi Buyung Marajo

Sejak dua minggu terakhir, air sungai Mahakam mulai pasang, beberapa kecamatan di Kutai kartanegara dilaporkan terendam banjir. Kepala BPBD Kukar, Darmansyah mengatakan, pihaknya sudah menetapkan status Kukar siaga banjir.



Ia juga sudah menerjunkan satgas untuk memantau titik-titik lokasi banjir di daerah hulu Mahakam. Berdasarkan data BPBD Kukar, setidaknya titik rawan banjir ada di 7 kecamatan, diantaranya Kecamatan Muara Kaman, Kembang Janggut, dan Kahala. 

Di Kecamatan Muara Kaman, ketinggian air di beberapa tempat terlihat hampir menyentuh jembatan yang sehari-hari dilalui warga, seperti yang terlihat di Muara Kaman ulu pada Selasa (16/02) lalu. 

Masyarakat di daerah ini dihimbau tetap waspada terhadap ancaman banjir, terlebih saat ini masih musim penghujan. Salah satu warga, Buyung Marajo, mengatakan, Muara Kaman terdeteksi mulai dilanda banjir, "Airnya tidak terlalu deras, tapi tetap konsisten naik," ujarnya. 

"Untuk saat sekarang masih sedikit aman," tambah Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Negeri Mulawarman ini. Menurutnya, jika banjir tiba, ketinggian air bisa mecapai 4 meter. Namun karena sering dilanda banjir, warga yang bermukim di daerah tersebut meninggikan pondasi rumahnya. 

Kecamatan Muara Kaman memang menjadi salah satu wilayah rawan banjir, Bahkan tercatat beberapa tahun sebelumnya, daerah ini pernah dilanda banjir besar yang mengakibatkan aktivitas warga terganggu. (ekn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top