FireHouse Dijamu Sultan Kutai Kartanegara

Grup band FireHouse berfoto bersama Sultan Kutai Kartanegara HAM Salehoeddin II
Foto: Endi

Rasa kagum grup band asal Amerika FireHouse terhadap kultur daerah kutai sepertinya tak ada habisnya, ini terlihat saat grup band legendaris tersebut menginjakan kakinya di ruang Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

CJ Snare sang vokalis FireHouse bahkan sempat bertanya kepada Akbar Haka event manager dari Distorsi Rockaholic Company, "Tempat apa ini, apakah boleh mengambil foto," ujarnya. Akbar pun menjelaskan jika Kedaton sering digunakan untuk ritual adat kesultanan.

Ke empat personel FireHouse diterima langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, HAM Salehoeddin II. " Dalam sambutan yang dibacakan oleh  Juru Bicara Kesultanan Kutai Kartanegara, H Adji Pangeran Hario Kusumo Poeger, Sultan berharap FireHouse terkesan selama berada di Kukar. "Selamat datang rombongan Fire House dari Amerika di Benua Etam, Semoga mendapat kesan yang manis, Kami selalu terbuka menerima kunjungan di lain waktu."

Sambutan yang ramah ini membuat sang gitaris Bill Leverty merasa terkesan, terlebih saat ke empat personel tersebut mendapat cinderamata berupa Mandau dan plakat Lembu Swana yang diberikan langsung oleh Sultan HAM Salehoeddin II.

Pertemuan dengan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura beserta kerabat diakhiri dengan santap siang bersama, beberapa menu khas kutai seperti Lodeh Cabek, Goreng ikan lais, pirik cabek, serta suguhan udang goreng, mampu menggugah selera ke empat personel FireHouse. CJ Snare dan rekan-rekannya nampak begitu menikmati menu - menu tersebut, "Makanannya enak" ujar McAlen.

Usai makan bersama, FireHouse kemudian menuju Museum Mulawarman, dan mereka kembali kagum dengan beragam koleksi benda bersejarah yang ada di museum yang dulunya pernah digunakan sebagai keraton. "It's Awesome," ungkap Bill Leverty. (ekn)

FireHouse berfoto di depan singgasana raja Museum Mulawarman
Foto: Endi

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top