Lusa, Gubernur Lantik Bupati/Walikota di Kaltim Serentak

Gubernur Kaltim Lantik Kepala Daerah Serentak, Rabu (17/02) lusa
Foto: Ilustrasi/Ist

Pelantikan Bupati dan Walikota terpilih pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 akan dilaksanakan secara serentak di ibu kota provinsi masing-masing di seluruh Indonesia pada Rabu (17/02) pekan depan.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 8/2015 Pasal 164 ayat 1 yang menyebutkan bahwa bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota dilantik oleh gubernur di ibukota provinsi yang bersangkutan,

Informasi ini disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintah Sekprov Kaltim Aji Sayid Fatur Rahman. Menurutnya, berdasarkan Radiogram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 005/389/SJ tentang Pelantikan Bupati dan Walikota Terpilih, maka dari 9 kabupaten dan kota yang mengikuti Pilkada di Kaltim, hanya enam pasangan kepala daerah yang akan dilantik.

Kepala daerah yang akan dilantik tersebut terangnya yakni Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paser, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Berau, Walikota dan Wakil Walikota Samarinda serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur.

Pelantikan ini jelasnya, dilaksanakan bagi daerah yang tidak bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) dan akhir masa jabatan (AMJ) sebelum Maret. Sedangkan bagi bupati dan wakil bupati maupun walikota dan wakil walikota akhir masa jabatan di atas Maret, maka pelantikan dilakukan pada tahap kedua.

"Sementara tiga pasang kepala daerah terpilih di Bontang, Balikpapan dan Kutai Barat belum bisa dilantik karena masa jabatan yang bersangkutan belum berakhir," ungkap Fatur Rahman, seperti dilansir dari kaltimprov.go.id, Selasa (9/2) lalu.

Untuk lokasi pelantikan sambungnya lagi, rencananya akan digelar di ruang Plenary Hall Samarinda yang mampu menampung hingga 2.000 undangan.

Dengan demikian pemenang Pilkada di Kukar yakni pasangan Rita Widyasari dan Edi Damansyah akan dilantik oleh gubernur bersama 5 pasangan kepala daerah lainnya di ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Seperti diketahui, Rita-Daman memperoleh dukungan terbanyak pada Pilkada serentak yakni 89,43 persen. Keduanya melaju dari jalur independen dengan persentase perolehan suara 100 persen di 14 tempat pemungutan suara. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top