Hendak Ke Pulau Kumala, Perahu Ketinting Tabrak Kapal Wisata

Lokasi terjadinya laka air di sekitar obyek wisata pulau Kumala antara kapal motor wisata dengan perahu ces
Foto: Istimewa

Pengunjung obyek wisata pulau Kumala yang tengah menikmati libur tahun baru 2017 dikejutkan dengan tenggelamnya perahu ces (ketinting) di sungai Mahakam tak jauh dari obyek wisata tersebut, Minggu (01/01) sore tadi.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Paur Subbag Humas, Iptu Sabar, mengatakan, laka (Kecelakaan) air yang terjadi pukul 15.30 Wita ini melibatkan kapal motor (KM) wisata dengan perahu ces tujuan  pulau Kumala.

Berdasarkan keterangan saksi bernama Noviar (55) yang merupakan Kanit Wasdal Air Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, perahu ces tersebut diketahui membawa penumpang yang terdiri dari 1 orang pria dewasa, 1 orang anak laki-laki, dan 4 orang perempuan dewasa. 

"Kejadian berawal saat kapal motor yang dikemudikan Saudara Misran dari arah hilir sungai menuju dermaga pulau Kumala, tiba-tiba melintas perahu ces dengan motoris saudara Mariyus (60) dari penyeberangan travel Kumala dan menabrak kapal motor dari bagian samping," ujar Sabar.

Akibat tabrakan ini,  6 orang penumpang perahu ces terjun ke sungai, melihat insiden tersebut, saksi yang saat itu sedang bertugas mengawasi perairan di dekat lokasi kejadian berusaha menyelamatkan korban.

"Seluruh penumpang termasuk motoris perahu ces berhasil diselamatkan oleh tim SAR patroli Dishub Kukar dibantu kapal lainnya," jelas Sabar.

Meski demikian, kata Sabar, insiden ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. "Seluruh penumpang perahu ces langsung dilarikan ke RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang untuk mendapatkan perawatan medis dan psikis," demikian terangnya. (end)

Lima orang korban penumpang perahu ces  berhasil diselamatkan oleh tim SAR Patrili Dishub Kukar
Foto: Istimewa





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top