RSUD AM Parikesit Sukses Gelar Kaizen Event 2017

Direktur RSUD AM Parikesit dr Martina Yulianti bersama karyawan dalam acara Kaizen Event #1 2017
Foto: Humas RSAMP/Riza

19 tim dari instalasi dan unit dilingkungan RSUD AM Parikesit (RSAMP) mengikuti Kaizen Event #1 2017 yang digelar pada Kamis (31/08) lalu.

Kaizen event yang diselenggararakan oleh tim budaya RSUD AM Parikesit, merupakan sebuah event penjaringan ide-ide kreatif dalam menerapkan strategi Lean Manufacturing di rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD AM Parikesit, dr Martina Yulianti, yang juga menjadi salah satu juri dalam event itu menyampaikan apresiasinya pada semua ide yang ditampilkan.

“Semuanya keren dan kreatif. Saya sangat bangga dengan semua peserta kaizen event,” ucapnya.

Perempuan yang akrab disapa dokter Yuli itu mengatakan, sekecil apapun ide yang dituangkan, hal itu telah memberi isyarat kepadanya selaku pimpinan rumah sakit.

“Karyawan RSUD AM Parikesit telah menunjukkan nilai peduli dan profesional yang merupakan nilai - nilai dasar organisasi kita. Hal ini berarti nilai dasar telah mulai menjadi budaya di rumah sakit kita,” ujarnya.

Menjadi pemenang dalam event ini adalah tim Punai 3 dari IRNA dengan Ide Kaizen “Darvidost”. Darvidost adalah sebuah tool yang di gunakan untuk mengidentifikasi lokasi pasien dari masing-masing dokter penanggungjawab pelayanan (DPJP).

Dengan darvidost, perawat dengan cepat mengetahui letak pasien dan dapat dengan cepat membantu dokter visite atau kunjungan pasien.

Perawat pun akan sangat cepat mempersiapkan berkas pasien, hal ini penting mengingat dalam satu ruangan terdapat banyak pasien dengan bermacam-macam DPJP.

Dengan kemenangan tersebut, tim Punai 3 dan 3 juara lainnya berkesempatan mewakili RSUD AM Parikesit dalam ajang Kaizen Festival Nasional di Jakarta bulan Oktober mendatang.

Istilah Kaizen sendiri berasal dari bahasa Jepang yaitu kata Kai dan Zen. Kai jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti berubah, sedangkan Zen berarti baik. Jika diartikan secara langsung maka arti Kaizen adalah “Merubah menjadi lebih baik”.

Tujuan penyelenggaraan Kaizen event dimaksudkan untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas tinggi dengan waktu pelayanan lebih singkat.

Selain itu juga untuk menekan biaya lebih rendah, melalui upaya - upaya menghilangkan waste atau pemborosan dalam hal defects, over production, waiting, not utilizing talent, transportation, inventory excess, motion waste, excess processing/downtime. (cnd/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top