Kecelakaan Kerja, Karyawan PT REA Kaltim Tewas Tersengat Listrik

Petugas kepolisian menunjukkan lokasi tewasnya satu karyawan PT REA Kaltim akibat tersengat listrik
Foto: Istimewa

Kecelakaan kerja terjadi di area PT REA Kaltim Cakra Oil Mail (COM) desa Muai, kecamatan Kembang Janggut, Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (30/11), sekira pukul 08.30 Wita.

Kecelakaan ini mengakibatkan salah seorang karyawan bernama Zaenal Effendi (21) tewas akibat terkena sengatan listrik.

"Pada awalnya sekira jam 08.08 Wita korban bersama dengan saksi Saudara Daud (25) melakukan kegiatan pengurasan genangan air di atas ballon bio gas dengan menggunakan pompa air listrik," ungkap Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kapolsek Kembang Janggut AKP Salamun.

Pukul 08.30 wita genangan air telah surut dan selesai di kuras, kemudian saksi Daud pergi meninggalkan korban untuk membersihkan rumput di sekitaran Ballon Bio Gas dengan jarak antara keduanya sekitar 50 Meter. 

Namun kata Salamun, tanpa sepengetahuan saksi Daud, korban langsung berinisiatif untuk mengangkat mesin sedot air listrik yang pada saat itu belum dicabut dari stop kontaknya. 

"Tiba-tiba saja korban langsung berteriak memanggil rekan kerjanya itu dan meminta tolong, akan tetapi karena jaraknya yang agak jauh dan pada saat Saudara Daud mematikan atau mencabut kabel di stop kontak listrik korban sudah terkapar dipinggir ballon bio gas," bebernya.

Sementara rekan korban lainnya yakni Retno Bawono (25) juga berusaha menolong korban, meski pada saat itu Zaenal Effendi masih bernafas, namun sudah dalam kondisi kritis.

Korban pun segera dibawa ke klinik perusahaan, akan tetapi pada pukul 08.40 Wita kondisinya dinyatakan meninggal dunia. Oleh security PT Rea Kaltim.

"Kejadian ini telah dilaporkan security PT REA Kaltim ke Mapolsek Kembang Janggut. Petugas sudah mendatangi TKP dan juga memeriksa saksi-saksi," demikian diterangkan Salamun. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top