PMMD Kukar Garap Pelatihan Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kesukarelawanan Pemuda

Pemuda dari berbagai desa di Kukar mengikuti pelatihan kepemimpinan,kepeloporan dan kesukarelawanan
Foto: Endi

Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda serta Pelatihan Kesukarelawanan Pemuda tahun 2017, Minggu (24/12).

Ketua Panitia Pelaksana Dimas Nur Widiyanto, mengatakan, pelatihan yang digelar di Pondok Jajak Indah Tenggarong, diikuti kurang lebih 60 peserta yang berusia dibawah 30 tahun

“PMMD ini program baru dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora,Red). Ada 10 provinsi yang terpilih, salah satunya Kalimantan Timur dan Kutai Kartanegara termasuk didalamnya,” terangnya. 

Dikatakan Dimas, ada 20 pemuda dari Kukar lolos seleksi PMMD yang kemudian merekrut pemuda di desanya masing-masing untuk terlibat dalam pelatihan tersebut.

“Kami diminta mengusung 5 program, salah satunya kepemimpinan, kemudian ada program kepeloporan, kesukarelawanan, olahraga, kearifan lokal dan lainnya,” ujar pemuda asal desa Rapak Lambur ini.

Dengan adanya pelatihan ini, sambungnya, diharapkan para pemuda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif seperti narkoba dan lainnya.

“Sehingga ilmu yang didapat bisa diimplementasikan, karena pemuda ini adalah harapan masa depan bangsa kita,” tandas Dimas.

Pemateri pelatihan program PMMD perwakilan Kemenpora RI Varhan Abdul Aziz
Foto: Endi

Sementara Ketua Kader PMMD Kukar, Andi Irawan berharap, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para pemuda. 

“Harapan kami selaku kader, kami bekerja secara ikhlas dan tidak mengharapkan pujian atau apapun, semoga ini ada manfaatnya untuk generasi muda,” ucapnya.

Perwakilan Kemenpora RI, Varhan Abdul Aziz, yang juga menjadi pemateri, mengapresiasi kerja keras PMMD Kukar dan mengajak para pemuda untuk lebih maksimal dalam memanfaatkan program kementrian melalui akses internet.

“Banyak sekali program-program kementrian yang bisa kawan-kawan akses, syaratnya satu, mau aktif dan browsing. Mulai hari ini kita hijrah, kita gunakan akses internet itu untuk mencari kesempatan-kesempatan yang lebih luas, bukan sekedar untuk sosial media,” pintanya.

Pemateri lainnya yakni anggota DPRD Kukar Fraksi PKS Firnadi Ikhsan, menyambut baik program pelatihan kepemudaan yang digelar PMMD Kukar, apalagi saat ini keuangan pemkab Kukar tengah mengalami defisit.

“Teman-teman PMMD punya dana untuk menggelar kegiatan-kegiatan masyarakat khususnya yang menyasar pemuda. Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini,” ucapnya.

Peserta pelatihan sendiri berasal dari beberapa desa di Kukar, diantaranya Rapak Lambur, Loa Duri Ulu, Jembayan, dusun Ngadang desa Bloro, Tanjung Batu dan Rempanga. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top