Banjir di Desa Santan Tengah, Ketinggian Air Hingga 1 Meter

Bencana banjir terjadi di Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, ketinggian air capai 1 meter
Foto: Fairuz Zabady

Warga Khawatir Kemunculan Buaya

Tingginya curah hujan sejak tiga hari lalu mengakibatkan 10 RT di Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara (Kukar) dilanda bencana banjir.

Kepala Desa Santan Tengah, Nasrullah, mengatakan, saat ini wilayah yang terkena bencana banjir meliputi RT 1 (89 KK), RT 2 (60 KK), RT 3 (42 KK), RT 4 (37 KK), RT 5 (28 KK), RT 6 (8 KK), RT 7 (40 KK), RT 11 (55 KK), RT 12 (39) KK dan RT 13 (60 KK).

"Total jumlah yang terkena dampak bencana ini sebanyak 458 KK dan 23 rumah direndam banjir dengan kedalaman hingga 1 meter," terangnya.

Sementara itu Plt Bupati Kukar Edi Damansyah bersama rombongan, Jumat (30/03) kemarin, turun langsung memantau kondisi pemukiman penduduk yang terendam banjir di desa ini.

Edi Damansyah didampingi Camat Marangkayu Hamzah, Kapolsek Marangkayu IPTU Sarikun, Dandim Bontang Letkol Arh Gunawan Wibisono, Danpos Ramil Pelda Heri Agus, serta petugas BNPB Provinsi Kaltim dan BPBD Kukar,

"Ketinggian air mencapai antara setengah meter sampai satu meter sehingga warga tidak lagi bisa memanen hasil kebun sawitnya," terang Edi. 

Dikatakannya, penduduk Desa Santan Tengah khawatir dengan ancaman bahaya buaya yang sewaktu-waktu dapat memasuki pemukiman seperti banjir pada tahun sebelumnya. "Warga melihat adanya kemunculan buaya di pemukiman," ujarnya.

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah berkoordinasi dengan Kapolsek Maramgkayu IPTU Sarikun
Foto: Istimewa

Atas keluh kesah masyarakat Santan Tengah tersebut, Edi Damansyah memerintahkan jajarannya untuk memperhatikan dan memberikan bantuan yang diperlukan.

"Terkhusus petugas BPBD agar mendirikan Posko Bencana Banjir dan siap siaga membantu warga selama banjir terjadi," pintanya.

Plt Bupati juga mengapresiasi pihak PT Indominco Mandiri yang beroperasi di wilayah Marangkayu karena telah tanggap dan memberikan bantuan sembako kepada warga korban banjir di Desa Santan Tengah.

"Saya juga mengapresiasi pihak Polsek Marangkayu yang sejak awal sudah terjun dan memberikan informasi banjir serta melakukan patroli untuk memberikan rasa aman kepada warga," katanya.

Edi Damansyah pun meminta kepada warga agar lebih sabar dan tabah dalam menghadapi bencana banjir. 

"Dalam waktu dekat pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara akan mengirimkan bantuan berupa sembako dan lainnya," ucapnya.

Selain memantau pemukiman warga, Plt Bupati juga mengecek dan membahas bangunan sekolah dasar (SD) yang terdampak banjir, mengingat tidak lama lagi akan dipergunakan utuk ujian nasional.

"Saya memerintahkan jajaran untuk mempersiapkan upaya alternatif tempat pelaksanaan ujian nasional apabila banjir masih berlangsung, sehingga pelaksanaan ujian nasional tidak terganggu," demikian jelas Edi. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top