Kapal Bermuatan Sembako Karam di Sungai Desa Jantur Selatan

Kapal bermuatan sembako yang dulunya merupakan kapal wisata karam di sungai Desa Jantur Selatan
Foto: Istimewa

Kapal motor (KM) Patin Mahakam dilaporkan karam di perairan sungai Desa Jantur Selatan, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (04/07) sekira pukul 01.00 Wita.

"Peristiwa berawal pada saat kapal berangkat dari Samarinda sehabis memuat sembako dengan tujuan Desa Jantur," terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Muara Muntai AKP Salamun.

Dikatakan Kapolsek, kapal tersebut asalnya adalah kapal wisata pengangkut turis, setelah dibeli oleh H Ibrahim dijadikan kapal angkut barang dan saat karam sedang mengangkut sembako serta garam untuk menggarami ikan asin.

"Sesampainya di Desa Jantur sekitar pukul 18.00 Wita, pemilik kapal tidak langsung membongkar muatannya karena khawatir tersangkut di jembatan Desa, kemudian diputuskan untuk menambat kapal didekat rumah pemilik kapal sendiri yang kebetulan bertempat tinggal di Desa Jantur," ujarnya.

Kapolsek menyebutkan, rencananya sembako yang dibawa akan dibongkar keesokan harinya dan setelah bongkar muatan, kapal itu rencananya akan diperbaiki karena dalam keadaan lambung kapal bocor.

"Namun pemilik kapal tidak menyadari saat tertidur di kapal, kapal sudah mulai karam dan pemiliknya langsung bergegas keluar melihat keadaan, Alkon ternyata tidak berfungsi dan kapal mulai tenggelam," bebernya.

Meski demikian, peristiwa karamnya kapal ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. "Namun kerugian material diperkirakan sekitar kurang lebih Rp 50 juta," demikian jelas Kapolsek. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top