Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Tenggarong

Tim Satgas Pangan sidak harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan di pasar Mangkurawang
Foto: Istimewa

Tim Satgas Pangan Polres Kukar melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok di pasar Mangkurawang, kecamatan Tenggarong, Senin (22/04/2019) lalu.

Sidak dipimpin Kasat Reskrim AKP Damus Asa, bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H Surip S yang didampingi Kasi Pengembangan Perdagangan Rahmah Sartik.

"Untuk harga secara umum masih normal belum ada kenaikan, kecuali bawang merah. Daging sama pangan lainnya belum ada kenaikan signifikan," ujar Damus.

Sidak ini dilaksanakan dalam rangka antisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok dua pekan jelang datangnya bulan Ramadhan 1440 H.

"Secara umum dikatakan aman, belum ada kenaikan beberapa barang kebutuhan. Namun untuk daging ayam ada kenaikan Rp 1000-2000 perkilo," timpal Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kukar H Surip S.

Sementara untuk harga cabai, lanjutnya, turut mengalami kenaikan namun masih dalam batas wajar.

"Untuk kenaikan harga cabai karena ini tidak seutuhnya dihasilkan dari kita dan harus didatangkan dari luar, faktor cuaca juga mempengaruhi," ungkap Surip.

Sedangkan bawang putih dan bawang merah yang turut mengalami kenaikan dimungkinkan karena komoditi ini didatangkan dari luar daerah.

"Bawang putih dan bawang merah ini juga didatangkan dari Sulawesi dan Jawa. Pada dasarnya tergantung cuaca juga, itu mempengaruhi suplai kesini," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top