Bertambah 2 Orang lagi Warga Kukar Positif Corona, Total Ada 24 Kasus

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama gugus tugas COVID-19 kembali mengumumkan 2 kasus tambahan
(Dok. Press Conference)

Transimisi Lokal di 3 Kecamatan

Sehari pasca mengumumkan 8 orang terkonfirmasi positif corona, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kembali menyampaikan tambahan kasus yang sama, Sabtu (09/05) pagi.

"Kembali saya mengumumkan adanya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 2 orang, yang sebelumnya telah dilakukan rapid test dengan hasil IgM dan IgG yang reaktif," ujarnya didampingi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kukar.

Seluruh pasien saat ini sedang menjalani karantina dan perawatan di Wisma Atlet Tenggarong Seberang dengan kondisi stabil. Dengan terkonfirmasinya kasus-kasus di atas, maka terdapat satu Kecamatan lagi dengan transmisi lokal yaitu di Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan. 

"Dengan demikian telah terdapat 3 Kecamatan di Kutai Kartanegara dengan kasus transmisi lokal yaitu Kecamatan Muara Badak, Tenggarong dan Kenohan. Sebagian besar kasus-kasus yang terjadi merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), yang memiliki riwayat perjalanan, tanpa keluhan namun dapat menularkan kepada orang lain." beber Edi.

Hingga hari ini, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar sebanyak 24 kasus, terdiri dari 22 orang sedang menjalani perawatan dan 2 orang lagi telah sembuh. Kasus di Kukar di dominansi oleh kasus impor dari pelaku perjalanan

"Adapun penularan lokal untuk saat ini ditemukan pada anggota keluarga terdekat (istri). Kita berharap semoga tidak terdapat penularan lokal ke masyarakat luas dan tidak ada kasus impor baru di Kutai Kartanegara," harapnya.

Ia juga menyampaikan koreksi data Press Release pada Jumat (08/05) kemarin, yakni koreksi untuk kasus KK-16 yang di umumkan berasal dari Muara Badak, dimana yang bersangkutan adalah pemegang KTP Muara Badak namun berdomisili di Kecamatan Loa Janan.


Mengaskan pernyataan Bupati, juru bicara gugus tugas COVID-19 Kukar Martina Yulianti menyatakan, kasus terkonfirmasi positif di Kukar didominasi oleh kasus impor yang dibawa oleh pelaku perjalanan dan ditularkan pada orang terdekat.

"Sehingga sampai hari ini belum ditemukan penularan pada masyarakat diluar anggota keluarga terdekat," jelasnya. (end)


Tambahan 2 Kasus Positif COVID-19 di Kutai Kartanegara

1. KK-23, jenis kelamin perempuan, usia 32 tahun dari Kecamatan Kenohan, tanpa keluhan, riwayat kontak dengan suami yang merupakan klaster Gowa. Dilakukan rapid test pertama tanggal 29 April 2020 dengan hasil reaktif dan pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 1 Mei 2020 dengan hasil TERKONFIRMASI POSITIF.

2. KK-24, jenis kelamin laki-laki, usia 29 tahun dari Kecamatan Muara Badak, tidak ada keluhan, riwayat perjalanan dari Magetan. Dilakukan rapid test tanggal 28 April 2020 dengan hasil reaktif dan pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 1 Mei 2020 dengan hasil TERKONFIRMASI POSITIF.

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top