Sukses Digelar, Tenggarong Creative Fest 2021 Jadi Role Model Event Virtual

Sanggar tari Temenggang Madang dari Lekaq Kidau tampil di Tenggarong Creative Fest 2021
(Foto: Endi)

Setahun pandemi COVID-19, untuk pertama kalinya Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar festival bertajuk Tenggarong Creative Fest 2021 yang disiarkan secara virtual melalui akun You Tube Kekraf Kukar, Minggu (11/04/2021).

Festival dihelat di Ampi Teater Taman Kota Raja, Tenggarong, dan hanya dihadiri panitia, pengisi acara serta undangan terbatas. Event dengan protokol kesehatan ketat ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Pariwisata (Dispar) dan Komite Kreatif (Kekraf) Kukar.

Tenggarong Creative Fest yang digelar sejak sore hingga malam diisi dengan persembahan karya sejumlah pelaku dan komunitas seni lokal, diantaranya sanggar tari Temenggang Madang dari desa Lekaq Kidau (Sebulu), hingga band beraliran metal kebanggaan Kukar Kapital dan penampilan puncak secara virtual oleh band asal Bandung The Rocket Rockers.

"Tadi juga ada penampilan beberapa band, kita harapkan mereka bisa bersaing tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional," ujar Ketua Kekraf Kukar Wiyono.

Dikatakannya, festival ini merupakan tonggak awal pencapaian Kukar 100 Festival dan diharapkan berdampak pada ekonomi masyarakat kendati belum memberikan dampak besar di tengah pandemi, namun setidaknya memberikan ruang untuk tumbuh dan berkembang.

"Tahun 2020 lalu juga dilakukan beberapa kegiatan oleh Kekraf Kutai Kartanegara, antara lain festival film pendek, kompilasi album dan Kukar menari," bebernya.

Plt Dispar Kukar Thauhid Apriliannoor mengatakan, standar event yang dikeluarkan dari Dinas Pariwisata untuk pelaksanaan event antara 3 sampai 5 hari, tujuannya tak lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakar.

"Tetapi karana masa pandemi, kita coba event ini secara virtual dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh supaya event-event yang sudah ada di kalender 2021 bisa terlaksana secara virtual," harapnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah pun menyampaikan apreasiasi dan penghargaan atas terselenggaranya festival ini kepada Kekraf Kukar, Dispar Kukar, pelaku usaha ekonomi mikro dan komunitas kreatif.

"Melalui Tenggarong Creative Fest kami launching program dedikasi Kutai Kartanegara Kaya Festival. Ini menjadi event pertama di tahun 2021, saya berharap kegiatan ini akan menjadi contoh role model bagi kegiatan-kegiatan lain yang akan dilaksanakan baik secara virtual maupun semi virtual," ucap Edi.

Ia berharap, melalui Kukar Kaya Festival akan memunculkan festival unggulan di daerah ini yang mempunyai standar dan akan membawa efek domino serta multi player efek terhadap ekonomi masyarakat sejalan dengan visi RPJMD yaitu terwujudnya Kutai Kukar sejahtera dan bahagia.

"Malam ini juga kita viralkan bersama branding Kutai Kartanegara Asia Wonder yang akan selalu menyertai event festival baik logo maupun jingle, dimana semuanya dibuat dan diciptakan oleh para kreator Kutai Kartanegara," cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Edi Damansyah bersama Wakil Bupati Rendi Solihin juga menyerahkan penghargaan kepada 5 besar pemenang sayembara desain landmark pengganti patung naga di kawasan CBD Tenggarong. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top