Distanak Kukar Anjurkan Pemotongan Hewan Kurban di RPH

Penyebaran COVID 19 meningkat, Distanak Kukar imbau pemotongan hewan kurban di RPH
(Foto: Endi)

Hari raya Idul Adha 1442 akan jatuh pada Selasa (20/07/2021). Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar pun menghimbau agar pemotongan hewan kurban dilaksanakan melalui Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Himbauan ini disampaikan untuk menghindari terjadinya kerumunan saat penyembelihan hewan kurban, terlebih persebaran kasus positif COVID-19 di Kukar terus meningkat terutama di kecamatan Tenggarong.

"Kami menganjurkan karena kondisi COVID-19 seperti ini agar masyarakat memotong di RPH," ujar Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) Distanak Kukar, Aji Gajali, Kamis (15/07/2021) lalu.

Dikatakannya, masyarakat dapat memanfaatkan RPH agar pemotongan hewan kurban bisa dilakukan dengan lebih cepat.

"Karena juga disana (RPH, Red) pemotongannya cepat dan banyak petugasnya," jelas Aji. 

Terkait kesehatan hewan kurban, Distanak Kukar telah melakukan pengecekan ke sejumlah penjual hewan ternak di sekitar kota Tenggarong.


"Pengecekan masih dilakukan hingga menjelang hari H. Sekarang ini kan kita melakukan pemeriksaan secara fisik dari luar, nanti pada saat kurban akan kita periksa lagi seperti hati dan jeroannya," ujarnya.

Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban di luar kecamatan Tenggarong, pihaknya telah bersurat ke masing-masing UPT Luhtanak dan Puskeswan Se-Kukar.

"Di Samboja membawahi kecamatan Muara Jawa dan Sanga-Sanga. Kemudian di Tenggarong Seberang meliputi wilayah Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman. Lalu di Muara Badak wilayahnya itu Kecamatan Marangkayu dan Anggana," kata Aji

Sementara Puskeswan di kecamatan Kota Bangun meliputi kecamatan Muara Wis dan Muara Muntai.

"Jadi di masing-masing kecamatan sudah ada petugasnya untuk memantau data penjualan di masing-masing wilayah maupun nanti pada saat hari H, baik di mesjid maupun di tingkat RT," sambungnya.(end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top