Lanjong Art Festival 2015 Resmi Dibuka

Pembukaan Lanjong Art Festival (LAF) 2015 yang digelar, Sabtu (23/05) malam, berlangsung meriah, ratusan pengunjung memadati stage di sekitar Ladang Budaya (Ladaya), Tenggarong. Sejumlah seniman tampil di acara LAF ke-4 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin.

Diawali dengan pembacaan puisi, LAF malam perdana juga diisi dengan penampilan Orkes Sekar Kedaton, Tenggarong. Para pemain Sekar Kedaton yang di dominasi wajah-wajah muda, mampu membuat semarak suasana, lagu Chrisye Kala Cinta Menggoda, Bruno Mars Treasure, hingga lagu daerah Banjarmasin, Siti Ropeah tak pelak membuat penonton ikut bernyanyi dan bergoyang.

Penampilan Orkes Sekar Kedaton di LAF 2015
Foto: Endi
Ada pula seniman Asep Zamzam Noor, Pria kelahiran Tasikmalaya, 28 Februari 1960 ini, tampil dalam orasi budaya yang bertemakan kondisi sosial masyarakat. Selain itu penampilan cukup unik datang dari Tenggarong Drummer Community, komunitas ini memainkan beragam irama dengan menggunakan alat musik dari bahan plastik, seperti, drum, galon, dan ember.


Aktor dan sutradara teater Indonesia, Wawan Sofwan juga tampil membacakan puisi, Wawan yang mulai mendalami Monolog pada tahun 1994 didaulat menjadi juri dalam perhelatan LAF tahun ini. Sementara itu Divisi Musik Lanjong tampil dengan memadukan alat musik modern dan tradisional.

Acara pembukaan LAF yang berlangsung sejak pukul 20.00 WITA, diakhiri dengan penampilan dari Total Perkusi Indonesia, permainan kelima personelnya mampu memikat penonton yang hadir, tak jarang suara teriakan mengelu-elukan nama salah satu personelnya.

Untuk informasi agenda LAF hari ini, rencananya akan dilaksanakan Workhsop Total Perkusi yang terbuka untuk umum, sedangkan pada sore harinya akan ada musikalisasi dari Baladastra (Samarinda), Teater I (Samarinda), dan JPD (Penajam). (ekn)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top