Operasi Patuh Mahakam 2018: Kapolres Kukar Ingatkan 7 Hal

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar menyematkan pita tanda dimulainya Operasi Patuh Mahakam 2018
Foto: Endi

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar secara serentak Operasi Patuh 2018 di seluruh wilayah tanah air mulai tanggal 26 April hingga 09 Mei atau selama dua pekan.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam 2018 di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kutai Kartanegara, Kamis (26/04), mengingatkan agar pengguna kendaraan memperhatikan tujuh hal.

"Gunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), gunakan sabuk pengaman, perhatikan batas kecepatan, jangan mengemudi dalam keadaan mabuk, jangan menggunakan HP (Handphone) saat berkendara, cegah anak dibawah umur berkendara, dan jangan melawan arus lalu lintas," bebernya.

Ditanya tindakan terhadap pelanggaran dalam operasi patuh ini, Kapolres menegaskan, penilangan tetap akan dilaksanakan namun dilakukan secara terukur.

"Tentu yang tetap akan kita kedepankan bukan hanya refresif, tapi kita juga melakukan tindakan yang preventif seperti menyebarkan brosur, pamflet, spanduk, untuk menghimbau masyarakat bahwasannya ada operasi patuh," bebernya.

Dengan dilaksanakannya operasi patuh, Kapolres berharap agar masyarakat pengguna kendaraan mematuhi aturan dan tertib dalam berlalu lintas.

"Tujuannya adalah, kedepan bukan hanya saat operasi saja mereka patuh, tetapi setelah itu juga patuh dalam berkendaraan dan mengutamakan keselamatan," cetusnya. 

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam 2018 digelar di halaman MAN 2 Kutai Kartanegara
Foto: Endi

Terkait dilaksanakannya apel di MAN 2 Kukar, Kapolres mengatakan, hal tersebut merupakan perintah langsung dari Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Pol Priyo Widyanto.

"Seluruh wilayah Polda Kaltim diperintahkan oleh Kapolda untuk melaksanakan apel di sekolah, tentunya juga bekerjasama dengan para guru dan para kepala sekolah," ungkapnya.

Apel ini, lanjut Kapolres, mendapat respon positif, bahkan Polres Kukar diminta untuk memberikan sosialisasi aturan tertib berlalu lintas kepada para pelajar di sekolah ini.

"Mereka ingin secara intensif memberikan edukasi terkait bagaimana cara membuat SIM. Bahkan mereka berharap ujian praktek itu dijadwalkan untuk anak-anak sekolah yang sudah cukup umur, untuk melatih supaya saat dijalan bisa beretika dan berlalu lintas yang benar," tuturnya.

Selain personil Polres Kukar, apel juga diikuti personil Kodim 0906/Tenggarong, Satpol PP Kukar, Dinas Perhubungan (Dishub), para guru dan pelajar MAN 2, serta perwakilan siswa SMK Negeri 1.

Pelaksanaan Operasi Patuh Mahakam 2018 ditandai dengan penyematan pita oleh AKBP Anwar Haidar kepada perwakilan personil Satlantas, TNI, Dishub dan Satpol PP Kukar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top