Puskesmas Muara Wis Luncurkan Inovasi "Njaring Patin" Untuk Penderita Hipertensi

Kepala UPTD Puskesmas Muara Wis Ns Ramsyah beberkan terkait program inovasi Njaring Patin
(Dok. Puskesmas Muara Wis)

Njaring Patin merupakan program inovasi yang diluncurkan UPTD Puskesmas Muara Wis. Namun jangan salah, Njaring Patin bukanlah inovasi menangkap ikan melainkan kepanjangan dari Menjaga Darah Tinggi Dengan Pengobatan Rutin.

"Alhamdulillah pada tahun ini Puskesmas Muara Wis telah meluncurkan program inovasi untuk hipertensi," ujar Pengelola program hipertensi UPTD Puskesmas Muara Wis M Rohandi, Senin (28/11/2022).

Ia mengatakan, program ini memiliki beberapa tujuan, yakni meningkatkan kepatuhan pada penderita hipertensi untuk berobat secara teratur ke puskesmas.

"Meningkatkan kepatuhan pada penderita hipertensi untuk mengkonsumsi obat anti hipertensi secara rutin dan benar sesuai aturan minum obat," ucapnya.

Program Njaring Patin juga bertujuan untuk meningkatkan capaian SPM (Standar Pelayanan Minimal) untuk kunjungan pasien hipertensi di puskesmas tersebut, serta meningkatkan kapitasi berbasis kinerja.

"Kelima adalah mengakomodir penderita hipertensi dan DM (Diabetes Militus) untuk kegiatan Prolanis (Program pengelolaan penyakit kronis)," jelas Rohandi.

Lanjutnya, inovasi ini untuk mensukseskan visi misi Puskesmas Muara Wis yang bersinergi dengan visi misi daerah yaitu Kukar Sehat Idaman.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Muara Wis, Ns Ramsyah., program inovasi Njaring Patin telah berjalan di 2 desa dari 7 desa yang ada di kecamatan Muara Wis dan akan dikembangkan di tahun 2023 mendatang.

"Saat ini program Njaring Patin sudah berjalan di 2 desa yaitu Muara Wis dan Sebemban. Insya Allah kedepannya akan menjalar dalam artian mengembang kelima desa lainnya," bebernya.

Senada dengan Rohandi, pria yang akrab disapa Ancah ini berharap inovasi dimaksud bisa ditiru oleh puskesmas lainnya guna meningkatkan capaian SPM.

"Dan nanti kita juga berharap ada pengembangan inovasi Njaring Patin ini bersinergi dengan penyakit DM," tambah dia.

Selaku pimpinan puskesmas Muara Wis, dirinya mendukung penuh inovasi ini dan berharap pasien yang berada di wilayah kerjanya dapat meningkat status kesehatannya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Njaring Patin meliputi pembuatan kartu patuh berobat,  penyuluhan kesehatan dan sosialisasi kartu patuh berobat, skrining hipertensi, pendampingan keluarga dan home visite pasien hipertensi, serta meminta saran dan tanggapan dari pasien hipertensi. ("/mmbse)

Baca Juga: Terima Penghargaan Presiden, Ramsyah Berharap Muara Enggelam Makin Dikenal

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top