Buka Sejak Hari Pertama Lebaran 2023, Ini Jadwal Operasional Museum Mulawarman

Sejumlah wisatawan mengunjungi Museum Mulawarman pada libur lebaran Idul Fitri 1444 H
(Foto: Istimewa)

Berbagai obyek wisata di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) kerap menjadi tujuan wisatawan pada saat libur lebaran.

Pengunjung pun datang dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Kaltim), salah satu tujuan wisata di hari raya Idul Fitri adalah Museum Mulawarman.

Seperti di hari pertama libur Idul Fitri 1444 H kali ini, museum yang menyimpan berbagai warisan sejarah kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura tetap buka seperti biasa.

"Hari lebaran pertama tetap buka, tapi karena dibatasi dengan waktu sholat Idul Fitri, jadi kita buka sekitar jam 10 pagi," terang Zularfi selaku Kepala UPTD Museum Mulawarman Provinsi Kaltiim, Senin (24/04/2023).

Ia mengatakan, Musuem Mulawarman selama libur lebaran tetap beroperasi dari pukul 09.00 hingga 16.00 Wita. Sementara untuk jumlah kunjungan turut mengalami peningkatan.

"Kalau dibandingkan dengan hari-hari biasa tentu meningkat," sambungnya lagi.

Namun jumlah kunjungan ke Musuem Mulawarman turut mengalami penurunan jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 melanda.

"Memang tahun ini agak berkurang ya, walaupun tidak begitu banyak, tetapi pengunjung untuk libur lebaran tahun ini cukup lumayan," kata Zularfi.

Meski demikian, hari pertama lebaran tahun ini angka kunjungan masih terbilang sepi lantaran di hari tersebut dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi.

"Untuk hari pertama memang masih agak sepi, tapi di hari kedua ada sekitar 300 sampai 400 pengunjung," demikian dijelaskannya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top