Selama Tahun 2015, Ada 130 Kasus Laka Lantas Terjadi di Kukar

Untuk menekan angka kecelakaan (Laka) lalu lintas, anggota Satlantas Polres Kukar senantiasa mengingatkan pemilik kendaraan agar menjaga keamanan dan keselamatan diri maupun penumpang, terbukti pada tahun 2015 ini angka laka lantas di Kukar menurun dibanding tahun 2014 lalu.
Foto: Endi

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Menurun Dibanding Tahun 2014

Kasat Lantas Polres Kukar AKP Afrian Satya Permadi mengungkapkan, Jumlah kecelakaan (Laka) pada tahun ini mengalami penurunan, terhitung sejak bulan Januari hingga November 2015, tercatat ada sebanyak 130 kasus kecelakaan lalu lintas, dibanding pada tahun 2014 lalu dimana tercatat ada 216 kasus di Kukar.

Angka kecelakaan jelas Afrian, banyak terjadi pada bulan Maret dan Agustus. Penurunan angka ini menurutnya juga berdampak pada menurunnya korban meninggal dunia. Dari sebanyak 130 kasus, ada 32 korban meninggal dunia, 147 korban luka berat dan 48 korban luka ringan.

Faktor melemahnya ekonomi sambungnya lagi, turut berpengaruh terhadap menurunnya jumlah kecelakaan lalu lintas pada tahun 2015.“Faktor ekonomi yang melemah juga menjadi faktor menurunnya tingkat laka lantas di Kukar, bagaimana tidak, karena tidak ada uang jadi masyarakat juga tidak banyak bepergian,”tambahnya.

Untuk meminimalisir angka kecelakaan, Ia pun menghimbau seluruh masyarakat agar selalu melakukan kontrol terhadap kondisi fisik kendaraan apakah layak jalan atau tidak, serta lebih berhati-hati dalam berkendara, dan senantiasa mengutamakan keselamatan maupun keamanan baik diri pribadi maupun penumpang.

Sementara itu untuk kasus pelanggaran lalu lintas pada tahun 2015 dikatakannya, lebih banyak didominasi oleh pelajar dan anak-anak dibawah umur. "Masih banyak anak-anak dibawah umur yang belum memiliki SIM ataupun berstatus pelajar yang nekat membawa kendaraan bermotor. Kami akan melakukan upaya diversi yang melibatkan instansi terkait seperti Unit PPA Polres Kukar, P2TP2A dan keluarga kedua belah pihak,"pungkasnya.(end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top