Seluruh Calhaj Kukar Telah Diterbangkan Ke Arab Saudi, Ini Rangkaian Ibadahnya

Rombongan terakhir jamaah haji Kukar kloter 7 saat diberangkatkan ke embarkasi haji Balikpapan
(Foto: Endi)

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar) telah memberangkatkan 241 jamaah calon haji (Calhaj) yang tergabung di gelombang kedua musim haji 1443 H/2022 M.


167 calhaj Kukar kelompok terbang (Kloter) 5 atau rombongan perdana yang diterbangkan ke tanah suci pada Senin (27/06) pukul 22.45 Wita, telah tiba di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (28/06) lalu.

Sementara rombongan terakhir calhaj Kukar kloter 7 yang membawa 73 orang telah bertolak ke Jeddah dari Balikpapan pada hari ini, Kamis (30/06) pukul 14.15 Wita.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kukar H Anwar, Rabu (29/06) menerangkan, baik jamaah haji kloter 5 maupun kloter 7 diharuskan memakai pakaian ihram sebelum diterbangkan. 

Selanjutnya sebagai rangkaian ibadah haji, diawali dengan mengambil miqat, dimana miqat merupakan batas yang telah ditetapkan sebagai penanda dimulainya ibadah haji atau umroh. 

"Jamaah haji nanti mengambil miqat di Jeddah atau di pesawat di daerah Yalamlam. Setelah itu akan diberangkatkan menuju Mekkah langsung ke hotel. Setelah istirahat sebentar, mereka akan diarahkan untuk melaksanakan umroh wajib," kata Anwar.

Selanjutnya jamaah haji yang telah mengerjakan umroh wajib akan melaksanakan Tawaf dan Sa'i, setelahnya kembali ke hotel untuk mengganti pakaian seperti biasa. Jamaah haji Kukar Kloter 5 sendiri akan berada di Mekkah selama 10 hari dan kloter 7 sekitar 8 hari.

"Mereka akan melaksanakan haji wajib, akan dibawa ke Arafah dan Mina. Nanti menuju ke Muzdalifah untuk melontar jumrah, setelahnya akan melepas ihram lagi mengenakan pakaian seperti biasa," bebernya.

Kemudian pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah, seluruh jamaah haji akan melontar ketiga jumrah yaitu Ula, Wusta dan Aqabah. Setelah itu kembali lagi ke Mekkah dan tinggal selama kurang lebih 20 hari.

"Mereka akan dibawa lagi ke Madinah dan berada disana kurang lebih 9 hari. Selanjutnya kembali ke tanah air masing-masing," jelas Anwar. 

Sebagai informasi, jamaah haji Kukar kloter 5 akan kembali ke Indonesia pada 8 Agustus, sedangkan kloter 7 dijadwalkan tanggal 11 Agustus. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top