Juara Tingkat Provinsi dan Nasional, Dua Piala Kebanggaan Kukar Diarak Keliling

Sekda Kukar turut serta dalam arak-arakan yang membawa piala tetap juara umum MTQ 41 Kaltim
(Foto: Endi)

Piala juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 41 tingkat provinsi Kaltim yang diraih Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diarak keliling, Sabtu (07/09) pagi. 


Iring-iringan pun disambut meriah warga hingga pelajar. Arakan-arakan juga membawa piala salah satu pemenang Gapura Cinta Negeri yang diraih oleh desa Muara Enggelam, kecamatan Muara Wis.

Arak-arakan dimulai dari kecamatan Loa Janan, kemudian melewati kecamatan Loa Kulu. Memasuki kota Tenggarong, arak-arakan melintasi Jalan Wolter Monginsidi, KH Akhmad Mukhsin, Imam Bonjol, Danau Aji, Gunung Gandek, Kinibalu, Panjaitan.

Selanjutntya Jalan Teratai, KH Dewantara, Melati, Mawar, Mulawarman, Awang Long Senopati, AM Sangaji, Pateh Kota, Krama Jaya, dan berakhir di halaman mesjid Agung Sultan Sulaiman.

Arak-arakan juga membawa piala Gapura Cinta Negeri yang diraih oleh desa Muara Enggelam, Muaea Wis
(Foto: Endi)

Sekda Kukar Sunggono yang juga Ketua Umum LPTQ Kukar menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih kafilah kabupaten ini. "Sehingga kita 3 kali bertutut-turut memenangkan MTQ ini, donobatkan sebagai juara umum dan mendapat piala tetap," ujarnya.

Atas prestasi yang dicapai, kontingen Kukar akan mewakili Kaltim dalam ajang MTQ Nasional pada 2020 mendatang. "Dengan pembinaan yang lebih kita upayakan meningkat dimasa akan datang, mudah-mudahan kita tetap kembali bisa merebut gelar juara umum tahun depan," harap Sunggono.

Pemkab Kukar juga menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaan atas kreativitas masyarakat desa Muara Enggelam pada Festival Gapura Cinta Negeri yang masuk dalam pemenang 10 besar tingkat nasional. "Saya kira ini membuktikan bahwa dengan kebersamaan kita bisa meraih apapun yang kita ingingkan untuk membangun Kukar," katanya.


Sunggono juga mengapresiasi desa Muara Enggelam yang telah meraih gelar juara pertama lomba BUMdesa/kampung inovasi terbaik se-Kaltim. "Mudah-mudahan bisa diikuti dan ditiru kecamatan-kecamatan, desa-desa dan kelurahan lain, sehingga bisa memberikan kebanggaan tidak saja bagi desa yang bersangkutan tapi juga warga Kukar secara keseluruhan," cetusnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top